Kegiatan Sosialisasi di SDN Ngroto 02 dan SDN Ngroto 04 oleh Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya Kelompok 258

  • Aug 16, 2023
  • NGROTO.PUJON

Pada hari Rabu 26 Juli 2023, Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya Kelompok 258 sukses menggelar tiga Sosialisasi sekaligus di SDN 02 Ngroto dan SDN 04 Ngroto. Ketiga sosialisasi ini memiliki tujuan yang berbeda, dimana Sosialisasi pertama yang digelar di SDN Ngroto 02 dengan judul "Penerapan Jajanan Sehat dan Makanan Bergizi" ditujukan agar siswa siswi SD tau betapa pentingnya makanan yang sehat dan pola gizi yang teratur. Pada kegiatan sosialisasi ini juga, Josepha Serafine selaku penanggung jawab dari sosialisasi ini memastikan bahwa para siswa siswi SD tau bahwa sarapan dan makan makanan yang bergizi dapat menjaga kesehatan tubuh mereka, tak lupa Josepha juga memberikan contoh jajanan yang sehat. 

 

Kegiatan sosialisasi kedua dengan judul Pola Hidup Bersih dan Sehat yang digelar di SDN Ngroto 04 dengan tujuan agar sekolah baik para guru maupun siswa siswi SD mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan proses belajar mengajar dan para siswa, guru hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat. Sosialisasi ini dipimpin oleh Arnella Evania Calysta Putri. Selaku pemimpin kegiatan sosialisasi, Arnella juga mempunyai caranya sendiri agar warga SD dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat. Kegiatan ini dimulai dengan pemutaran animasi bagaimana cara cuci tangan dengan diiringi lagu agar siswa siswi SD lebih cepat menghafalkannya, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi, praktek 7 langkah cuci tangan, dan yang terakhir pembagian hand sanitizer yang dibuat sendiri oleh Arnella. 

 

Kegiatan terakhir ini digelar di SDN Ngroto 2, sosialisasi Pengembangan Pendidikan Literasi Digitalisasi Sumber Belajar memiliki tujuan agar agar siswa siswi SDN Ngroto 02 dengan adanya Literasi digital dapat mempermudah mereka mencari data dan informasi dari berbagai media sebagai bahan pembelajaran serta memberikan kapasitas lebih saat mereka akan menghasilkan sebuah karya. Sosialisasi ini memiliki sebuah slogan yaitu BAPER atau bisa diartikan dengan Berpikir Kritis, Aktif, Peka, Empati, dan Rajin Membaca. Sara Artha Gresia Manulang selaku pemimpin dari sosialisasi ini juga memiliki tujuan agar siswa siswi SDN Ngroto 02 dapat meningkatkan literasi mereka mengingat pelajar di era sekarang tingkat literasinya rendah. Setelah memberikan sosialisasi, siswa siswi SDN Ngroto 02 khususnya kelas 6 diberikan tugas untuk membuat cerpen. Menurut Sara, hal ini ditujukan agar siswa siswi dapat mengasah kreatifitas dan perkembangan otak mereka. 

 

Kegiatan hari itu ditutup dengan penempelan tiga poster sesuai dengan ketiga sosialisasi yang telah dilakukan sebelumnya. Penempelan poster dilakukan di mading sekolah dengan harapan  pesan tentang sosialisasi hari ini dapat terus terus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari siswa-siswi SDN Ngroto 02 dan SDN Ngroto 04.