Mahasiswa MMD Universitas Brawijaya Gelar Sosialisasi Perencanaan Karir dan Pentingan Pendidikan Lanjut di SMAI NU Pujon dan SMK Negri 1 Pujon

  • Aug 16, 2023
  • NGROTO.PUJON

Acara sosialisasi Perencanaan Karir dan Pentingnya Pendidikan Lanjut sukses digelar di dua sekolah yaitu di SMA ISLAM NU PUJON pada hari Jum'at 28 Juli 2023 dan SMK Negri 1 Pujon pada hari Senin 31 Agustus 2023. Sosialisasi ini bertujuan mengenalkan kepada siswa SMA/SMK bahwa pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dan memberikan gambaran bagaimana rencana karir mereka setelah lulus guna untuk meningkatkan pengetahuan dan merubah mindset siswa siswi betapa pentingnya pendidikan. 

 

Kegiatan ini dimulai dengan pemaparan materi Perencanaan Karir yang dipaparkan oleh Eldha. Eldha menjelaskan 4 aspek perencanaan karir meliputi pemahaman informasi karir, mendiskusikan karir dengan orang dewasa, mengikuti pendidikan tambahan, dan yang terakhir perencanaan setelah tamat dari sekolah. Keempat aspek tersebut dijelaskan agar siswa siswi dapat merencanakan apa yang akan mereka lakukan setelah lulus dan dapat memahami kekurangan kelebihan dari pilihan mereka nanti, mengingat mungkin tidak semua siswa siswi akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Eldha juga menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan jika siswa siswi ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kerja, atau kehidupan berkeluarga. 

 

Pemaparan materi yang kedua yaitu Pentingnya Pendidikan Lanjut ini dipaparkan oleh Adisty. Adisty memiliki tujuan agar para peserta dapat mengetahui betapa pentingnya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (negeri atau swasta)yang merupakan tingkat pendidikan tertinggi dalam dunia pendidikan. Dengan  menempuh pendidikan di perguruan tinggi  akan membuat  peserta  didik  memiliki wawasan yang luas, berpikir maju, kritis  dan solutif sehingga akan menghasilkan  SDM yang unggul. Selain itu dengan menempuh  pendidikan di perguruan tinggi,  peserta  didik juga bisa menggali dan mengoptimalkan potensi diri baik itu hard  skill  maupun  soft  skill  yang semua  itu tidak akan didapatkan ketika berada di bangku SMA atau bahkan jika dibandingkan dengan peserta didik yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan. Adisty juga memberikan saran untuk meningkatkan minat siswa siswi yang terkendala akan biaya kuliah dengan kita sosialisasikan bahwasanya pemerintah sudah menyediakan sarana berupa beasiswa KIP-Kuliah menjadi salah satu solusi bagi adik siswa yang merasa kurang mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

Kegiatan saat itu ditutup dengan penempelan poster di mading sekolah dengan harapan agar pesan dan materi yang telah disampaikan oleh Eldha dan Adisty dapat ditanamkan dan dipikirkan baik-baik oleh adik-adik SMA dan SMK.